Tips Perawatan Pompa Bahan Bakar Otomotif

Pada kebanyakan mobil modern, pompa bahan bakar otomotif merupakan bagian penting dari kendaraan. Secara khusus, mesin umpan non-gravitasi tidak dapat berjalan tanpanya. Pompa dapat sangat memengaruhi kinerja mesin pembakaran internal umpan non-gravitasi. Inilah sebabnya mengapa banyak penggemar mobil memasang pompa tambahan listrik. Namun, bagi pemilik mobil biasa, perawatan yang tepat akan membantu.

Pandangan yang lebih dekat pada sejarah pompa adalah yang terbaik sebelum seseorang mengetahui cara

merawat mesin mobil kerjanya dan cara merawatnya. Awalnya, mesin mengandalkan gravitasi untuk memberikan tekanan positif bahan bakar ke dalam mesin. Namun, aliran itu tidak konsisten dan kadang-kadang tidak dapat diandalkan. Pada 1930-an, pompa bahan bakar mekanik pertama kali muncul.

Pompa bahan bakar dikembangkan untuk memberikan keamanan, efisiensi, dan kenyamanan bagi pengemudi. Namun, saat ini dianggap sebagai titik lemah dari banyak mesin, dan banyak penggemar mobil memilih untuk memasang pompa listrik tambahan selain yang mekanis. Pompa yang rusak dapat menyebabkan mesin mati, jika itu hidup sama sekali.

Salah satu hal dasar yang perlu diingat untuk menjaga pompa bahan bakar (dan juga mobil secara keseluruhan) dalam kondisi yang baik adalah jangan pernah membiarkan mobil menipis atau kehabisan bahan bakar. Selain sebagai propelan, bahan bakar juga bertindak sebagai pelumas untuk pompa. Membiarkan mobil berjalan hampir kering juga akan menyebabkan pompa bekerja tanpa pelumasan, yang dapat menyebabkan kerusakan padanya.

Kesalahan besar lainnya untuk mekanik DIY adalah ‘menguji’ pompa dengan memaksa tuas naik dan

jasa towing jogja turun. Memindahkan tuas lebih dari 3/8 inci dapat meregangkan diafragma dan mengurangi efisiensinya hingga 50%.

Untuk pemeliharaan aktif, pastikan untuk memoles permukaan pada tuas pompa yang mengendarai cam, karena keausan pada lobus cam juga akan mengurangi efisiensinya. Di luar ini, cara terbaik untuk memelihara pompa bahan bakar otomotif adalah dengan membawa mobil ke mekanik secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *